Articles » SD Islam Binakheir School – YPI Jamiat Kheir

SD Islam Binakheir School – YPI Jamiat Kheir: Menjadikan Insan yang Cerdas dan Berakhlak Mulia

 

Binakheir Islamic School -- sekolah formal yang pada awal pendiriannya bekerja sama dengan Sekolah Lazuardi GIS Cinere mulai tahun 2006 s/d 2013 -- merupakan sekolah formal di bawah naungan Yayasan Pendidikan Jamiat Kheir yang berdiri lebih dari satu abad lalu. Perguruan Islam yang bergerak dalam bidang pendidikan dan sosial keagamaan ini berpusat di Tanah Abang Jakarta dan memiliki cabang di beberapa kota. Sekolah yang berada tepat disisi Setu Sidamukti Studio Alam TVRI Sukmajaya Depok ini, memiliki luas sekitar 3100m2 dengan lingkungan yang tenang, nyaman dan rindang pepohonan di sekitarnya, memberikan kesegaran bagi seluruh siswa dan guru-gurunya dalam menuntut ilmu.

Mengusung moto “Cerdas dan Berakhlak” Binakheir School menawarkan model sekolah modern dalam mempersiapkan anak-anak didiknya menjadi generasi penerus dalam menghadapi ketatnya persaingan, pergaulan global, perkembangan pesat ilmu pengetahuan dan teknologi. Visi sekolah yang terpampang di dinding gedung sekolah dan perlu difahami oleh seluruh stake holder sekolah ini adalah berupaya mencapai sekolah berkarakter Islami -- Religius, Cerdas, Tangguh dan Peduli -- yang berwawasan Internasional.

Dengan visi ini SD Islam Binakheir School berharap para siswanya memiliki sikap dan perilaku yang mendukung pemilikan keterampilan hidup (life skills) yang meliputi: 1. Beriman dan memiliki dorongan kuat untuk beramal shaleh, baik secara individual maupun kelompok. 2. Berakhlak mulia, yakni memiliki kecerdasan emosional (Emotional Quotient), sosial, moral dan SQ (Spiritual Quotient) yang seimbang, memiliki keuletan, kesabaran, dan ketabahan (Adversity Quotient) yang tinggi, serta mencintai lingkungan hidup. 3. Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi pilihan spesialisasinya. 4. Cinta dan terampil dalam belajar dan pengembangan ilmu. 5. Kreatif, inovatif, komunikatif, dan penuh percaya diri (self-confident).

Organisasi Sekolah

Tujuan utama organisasi dan manajemen sekolah di Binakheir School adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan cara memberdayakan seluruh potensi sekolah dan stakeholder-nya sesuai dengan kebijakan pemerintah dan Yayasan Penyelenggara dengan menerapkan kaidah-kaidah manajemen sekolah yang professional dengan beorientasi pada: Mutu pendidikan beserta improvisasinya, layanan pembelajaran, sekolah sebagai tempat yang nyaman dan menyenangkan untuk belajar, penyempurnaan manajemen internal untuk menciptakan quality of work life.

Sekolah ini meyakini bahwa kepala sekolah dan para pendidik adalah tenaga-tenaga profesional yang memiliki keahlian khusus dan pengalaman profesional dalam pengelolaan sekolah dan pembelajaran. Organisasi Sekolah adalah sistem sosial yang harus ditumbuh-kembangkan melalui proses “self-renewal capacity” untuk merespon tuntutan stakeholders atas mutu pendidikan,dan perubahan lingkungan.

Untuk mendukung organisasi sekolah yang efektif, sekolah ini merekrut para tenaga pendidik (guru) dan kependidikan yang profesional dan berpengalaman di bidangnya melalui sistem seleksi yang meliputi tes potensi akademik tertulis, wawancara bahasa Inggris, microteaching, dan psikhotes. Tenaga pendidik dan kependidikan yang kini berkhidmat di Binakheir School berjumlah 42 orang (26 guru dan 16 karyawan umum). Latar belakang pendidikan guru beragam berasal dari lulusan perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia termasuk: UNJ Jakarta, UI, IPB, UPI Bandung,UIN Jakarta dan Unindra.

Dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan profesionalisme guru/staff, Manajemen sekolah berupaya melakukan pembinaan/ pelatihan secara rutin dan berkesinambungan meliputi kegiatan pelatihan berikut:

• English for Teachers (Pekanan) adalah pelatihan bahasa Inggris guru untuk tingkat pemula dan lanjutan.

• Afternoon Tea dan Pengajian Guru/Staff (Bulanan) adalah kegiatan pengajian dan kumpul bersama antara guru, karyawan umum dan managemen sekolah untuk membangun kebersamaan dan kekeluargaan. Pada acara ini, disampaikan juga apresiasi dan ucapan selamat bagi guru-guru/staff yang berulang tahun.

• Quality Time for Teachers and Parents (Bulanan) adalah kegiatan seminar atau pelatihan yang dilaksanakan di sekolah yang dihadiri seluruh guru dan orangtua. Pada Quality Time ini, sekolah mengundang narasumber/ tenaga ahli dari luar untuk memberikan pencerahan dan pembinaan untuk semua peserta. Topik yang dibicarakan seputar masalah-masalah pendidikan.

• Diskusi/ Sharing Guru Kelas Paralel (Pekanan) adalah kegiatan diskusi pekanan guru kelas untuk membahas dan menyamakan program.

• Diskusi Guru dengan Psikolog adalah pertemuan dan diskusi guru dengan tim Psikolog sekolah untuk membahas masalah-masalah siswa dan guru dalam proses pembelajaran di kelas.

• Pembinaan Pengajian Al-Quran untuk guru dan staff pembelajaran.

• Pembinaan/ Pelatihan Profesi (Bulanan) adalah kegiatan pelatihan guru untuk meningkatkan profesionalisme dan kualitas pembelajaran.

• ‘Ummi’ For Parents adalah kegiatan pelatihan dan pembinaan kefasihan dalam membaca Al-Quran dengan menggunakan metoda Ummi yang diikuti dan dikoordinasikan oleh Komite dan orangtua siswa.

• Rapat koordinasi dewan guru (pekanan) adalah rapat rutin untuk membahas masalah-masalah dan perkembangan proses pembelajaran di sekolah.

• Performance Apraisal Guru (Bulanan/ Tahunan) adalah kegiatan supervisi dan penilaian kinerja guru di kelas berkaitan dengan tugas profesinya sebagai guru.

• Teacher and Employee of the year (Tahunan) adalah apresiasi pimpinan atau manajemen sekolah kepada guru dan karyawan umum yang telah menunjukkan prestasi kerja yang baik dan menjadi model bagi guru/karyawan lainnya.

• Family Gathering (Tahunan) adalah kegiatan karyawisata/re-kreasi guru dan karyawan bersama keluarga untuk memupuk kekeluargaan dan kebersamaan seluruh keluarga besar Binakheir School. Beberapa tempat yang pernah dikunjungi antara lain: Saung Angklung MangUdjo (Bandung); Taman Wisata Ciater (Subang) dan Taman Safari Puncak (Bogor).

Selain guru dan staff, keberadaan Komite Sekolah juga amat mendukung dalam membangun iklim organisasi sekolah yang baik dan efektif. Pimpinan sekolah berupaya terus-menerus untuk meningkatkan komunikasi dengan orang tua murid karena kami berkeyakinan bahwa tujuan pendidikan akan bisa dicapai secara maksimum hanya jika terjadi komunikasi dan kerjasama yang intensif di antara sekolah dan orangtua siswa (Komite).

Kurikulum dan Pembelajaran SD Islam Binakheir School mengimplementasikan kurikulum nasional Depdiknas yang dimodifikasi dengan menambahkan muatan keislaman dan kurikulum internasional. Selain menerapkan metoda-metoda mutakhir di bidang pendidikan, sekolah ini juga meyakini paradigma kecerdasan majemuk (multiple intellegences) dimana semua anak pada dasarnya unik dan memiliki kecerdasan yang beragam setidaknya dalam 9 jenis kecerdasan yang berbeda-beda.

Proses pembelajaran di sekolah ini juga didasarkan pada prinsip pembelajaran agama yang berorientasi akhlak mulia (akhlaq al-karimah), implementasi Active/contextual Learning atau PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan), konsep bilingual (Bahasa Inggris sebagai media pembelajaran di samping Bahasa Indonesia) dan pembelajaran Al-Qur’an yang menarik, mudah dan efektif dengan metode Ummi. Semua mengarah kepada pendidikan partisipatif yang merangsang pengembangan wawasan, kreativitas, inisiatif, kemampuan dan kepribadian siswa dalam suasana yang ramah, akrab lingkungan, dan menyenangkan.

Meja dan kursi di ruang kelas pun dirancang sedemikian, sehingga tidak sulit bagi siswa untuk memutar arah jika diperlukan. Musik yang terpusat diruang operator akan digunakan selama waktu belajar dan bermain untuk mendukung proses belajar-mengajar di lingkungan sekolah.

Pada prinsipnya proses pembelajaran yang diterapkan di SD Islam Binakheir School adalah:

• Guru sedapat mungkin memberikan peluang sebesar-besarnya bagi siswa untuk menemukan sendiri pengetahuan yang perlu diketahuinya. Kegiatan pembelajaran berorientasi pada proses (active learning). Guru lebih berfungsi sebagai fasilitator yang mengembangkan potensi yang telah tersedia dalam diri anak didik. Membuat proses belajar-mengajar, yang cenderung beriorientasi guru (teacher-oriented), menjadi bersifat terarah-siswa (student-oriented).

• Penekanan pada penguasaan materi bukan hanya secara kognitif (intelektual), melainkan juga ranah afektif (sikap dan perilaku), serta psikomotorik (keterampilan), lewat latihan-latihan sejak dini.

Disamping mengajarkan 8 mata pelajaran struktur kurikulum depdiknas, sekolah Binakheir ini juga mengembangkan mata pelajaran muatan mulok (mulok) dan program pengembangan diri berbentuk kegiatan-kegiatan ekstrakurikular, unit aktifitas (UA) dan bimbingan konseling (Psikolog). Muatan lokal (Mulok) adalah kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi siswa dengan mempertimbangkan ciri khas dan potensi sekolah atau daerah.

Muatan lokal yang diterapkan di SD Islam Binakheir School terdiri dari 4 mata pelajaran meliputi Bahasa Inggris, Quran Reciting, Komputer (IT) dan Bahasa Arab.

Adapun program pengembangan diri bertujuan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik. Kegiatan pengembangan diri yang dilaksanakan di Binakheir School meliputi: Kegiatan Ekstrakurikuler: Fun Science, Bela diri TaeKwonDo, Renang, Futsal, dan Robotik; Unit Aktifitas: Tahfidz Quran, Pramuka, Komputer, Menari, Memasak, Vokal, Melukis, Musik Pianika, Teater, Vokal (paduan suara), dan Jurnalis.

Siswa SD Islam Binakheir

Setiap calon siswa yang masuk dan mendaftar di SDI Binakheir School disyaratkan untuk mengikuti observasi (sebagai ganti tes masuk). Observasi ini dilakukan semata-mata untuk mengumpulkan informasi akan kesiapan, kelebihan, dan kekurangan siswa agar dengan demikian bisa dirancang kegiatan pembelajaran yang sesuai untuk masing-masing siswa tersebut.

SDI Binakheir School juga memberikan kesempatan beasiswa bagi siswa dhuafa atau yatim di lingkungan sekolah untuk mendaftar secara gratis. Siswa dari orangtua dhuafa ini direkrut berdasarkan rujukan tokoh masyarakat atau ketua RT/RW sekitar sekolah. Jika diterima, siswa tersebut dibebaskan dari semua biaya sekolah termasuk seragam dan buku-buku pelajaran. Setiap kelas terdapat 1-2 siswa melalui jalur beasiswa ini.

Disamping mengikuti kegiatan proses pembelajaran di ruang kelas, para siswa juga akan mengikuti program kegiatan rutin yang dapat memperkaya dan mendukung kegiatan kurikuler di sekolah antara lain: Masa Orientasi Siswa (MOS); Ramadhan Camp; Halal Bihalal; Assembly; Bulan Bahasa; Pemotongan Hewan Qurban (Idhul Adha); HKSN; Field trip; Cooking Day; Mini Farming; Science Fair; Karyawisata Siswa; Hari Bumi; Peran Profesi; Pentas Akhir Tahun; Graduation.

Untuk mengapresiasi siswa dalam bidang yang mereka sukai dan kuasai, pada setiap akhir bulan – secara bergantian – para siswa akan mendapatkan sertifikat “Students of the month” yang disampaikan guru kelas masing-masing sebagai bentuk penghargaan atas prestasinya di bidang akademik dan nonakademik di sekolah.

Hingga saat ini (tahun 2016) semua siswa SDI Binakheir School berjumlah 300-an siswa. Sekolah ini telah meluluskan lima angkatan siswa-siswanya dengan prestasi yang cukup membanggakan. Semua siswa melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah (SMP), negeri dan swasta Islam di sekitar Depok dan Jakarta. Beberapa prestasi lomba nonakademik yang pernah diraih selama tiga tahun terakhir ini antara lain: Juara 2 Lomba Pianika se-Kota Depok; Juara 3 Lomba Menari se-Kota Depok; Juara 2 dan 3 Lomba Kreasi Tanah Liat (Nuvo Family); Juara 2 Lomba Gusus Futsal Kec. Sukmajaya; dan Juara 2.

-By: @libadrudin-

Monday 19 September 2016 14:32 Bookmark and Share