YAYASAN PENDIDIKAN JAMIAT KHEIR

SEJARAH SINGKAT YAYASAN PENDIDIKAN JAMIAT KHEIR

PENDIRI BINAKHEIR ISLAMIC SCHOOL DEPOK

 

JAMIAT KHEIR sebagai suatu perkumpulan jauh sebelum tahun 1919 telah terbentuk dan bermula berada di Pekojan, yang merupakan suatu yayasan atau perkumpulan sosial dan menampung semua aspirasi baik Al-Alawiyyin, Al Masyaikh dan Al-Ajami. Pada awal mula didirikan tahun 1901 M, Organisasi Jamiat Kheir lebih bersifat organisasi sosial kemasyarakatan, dimana tujuan awalnya dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, membantu fakir miskin, baik dalam segi material maupun spiritual. Kedua, mendidik dan mempersiapkan generasi muda Islam untuk mampu berperan di masa depan. Dan yang ketiga, menolong ummat yang lemah dalam sektor ekonomi.

Berdirinya madrasah Jamiat Kheir berdasarkan akte notaris J.W.Roeloffs Valks Notaris Batavia, nomor 143 tertanggal 17 Oktober 1919 dalam akte STICHTINGSBRIEF der STICHTING "SCHOOL DJAMEAT GEIR" dengan susunan pengurus pertamanya, sebagai Ketua Said Aboebakar bin Alie bin Shahab .

Dalam situasi dan tekanan kolonial yang keras, Habib Abubakar tampil untuk mendirikan sebuah perguruan Islam, yang bukan hanya mengajarkan agama, tapi juga pendidikan umum. Pada tahun 1901, bersamaan dengan maraknya kebangkitan Islam di tanah air, berdirilah PERGURUAN ISLAM JAMIAT KHEIR. Pada saat pertama kali berdiri, perguruan ini membuka sekolah di kawasan Pekojan yang saat itu penghuninya banyak keturunan Arab.

Beberapa tokoh dan Pahlawan Nasional yang saat itu menjadi anggota perkumpulan JAMIAT KHEIR antara lain sebagai berikut:

1. RADEN UMAR SAID TJOKROAMINOTO (Pendiri Syarikat Islam)

2. KH. AHMAD DAHLAN (Pendiri Organisasi Muhammadiyah)

3. KYAI HAJI SAMANHUDI (Pendiri Syarikat Dagang Islam)

4. HAJI AGUS SALIM (Pejuang kemerdekaan yang ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia pada 27 Desember 1961).

 

SUSUNAN PENGURUS YAYASAN JAMIAT KHEIR (SAAT INI)

PEMBINA

Ketua           : Prof. Dr. Muhammad Quraish Shihab, MA

Anggota       : Hb. Zen Smith; Hb. Ismet Abdullah Alhabsyi;

PENGURUS

Ketua Umum : Dr. Husin Alatas, MT

Ketua 1         : Prof. Dr. Muhammad Anis, MT

Ketua 2         : Ir. Ahmad Fahmi

Sekretaris Umum   : Prof. Dr. Muhammad Idrus Alhamid

Bendahara Umum  : Ir. Alwi Bagir Mulachela