SD ISLAM BINAKHEIR SCHOOL

SELAYANG PANDANG

SD ISLAM BINAKHEIR SCHOOL

 

VISI

Mencapai sekolah berkarakter Islami (Cerdas dan Berakhlak mulia) yang berwawasan Internasional

MISI

1. Membentuk insan yang beriman dan beramal shaleh (akhlak mulia) baik secara individual maupun sosial.

2. Membentuk insan yang memiliki IQ (Intelectual Quotient), EQ (Emotional Quotient), SQ (Spiritual Quotient) dan AQ (adversity Quotient) yang seimbang.

3. Membentuk insan yang berwawasan Islam, mencintai ilmu dan pengembangannya, serta kreatif dan berinisiatif.

FASILITAS

1. Gedung permanen milik sendiri

2. Ruang kelas ber-AC

3. Perpustakaan lengkap

4. Laboratorium Komputer

5. Klinik Kesehatan

6. Mushola

7. Lapangan Olah Raga (futsal)

8. Kantin sekolah

9. Ruang Musik

10. Mini Outbond

11. Ruang Terapi (Guidence n Counceling) dan Layanan Psikolog

KEUNGGULAN SD ISLAM BINAKHEIR

1. Penerapan pembelajaran berbahasa Inggris

2. Penekanan pada pembiasaan ibadah dan akhlak islami

3. Program pembelajaran Al Quran dengan metode UMMI dan Bahasa Arab (metode Mustaqilli).

4. Pelayanan tim Psikolog dan bimbingan konseling bagi siswa dan orangtua

5. Kegiatan penunjang belajar yang variatif dan menyenangkan.

EKTRAKURIKULAR

1. Cooking

2. Renang

3. Memanah

4. Fun Science

5. Futsal

6. Tae kwon do

7. Robotik

8. Melukis

PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU

Menyadari bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak, SDI Binakheir bertekad untuk selalu konsisten memberikan kesempatan yang sama, khususnya dalam proses penerimaan peserta didik. Para calon siswa hanya menjalani rangkaian observasi dari psikolog dengan cara yang menyenangkan. Kemampuan baca tulis bukanlah penentu seorang anak diterima atau tidak. Melalui bantuan tim psikolog sekolah melihat sejauh mana kematangan seorang anak untuk belajar di sekolah dasar.

KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN

Untuk kurikulum SDI Binakheir menggunakan Kurikulum nasional dengan pendekatan tematik bagi siswa kelas 1 – 3. Dan untuk mendorong serta membangun kemampuan bahasa Inggris siswa, mata pelajaran matematika, IPA, dan Bahasa Inggris menggunakan buku My Pals dari Singapura.

Dengan metode active learning dan kontekstual learning, siswa diharapkan mampu terlibat aktif dalam setiap kegiatan belajar dan mampu menemukan konsep pembelajaran secara mandiri. Melalui metode tersebut juga diharapkan siswa mampu mengaitkan materi yang tengah dipelajari dengan kehidupannya sehari – hari serta mendapat manfaat dari apa yang mereka pelajari.

Tak hanya mencapai nilai akademis yang maksimal saja yang menjadi satu-satunya tujuan pembelajaran di SDI Binakheir. Tapi lebih dari itu, kami ingin siswa-siswi SDI Binakheir tumbuh menjadi pribadi-pribadi yang mencintai ilmu dan senang menuntut ilmu serta berakhlak mulia. Maka dalam proses pembelajaran guru-guru senantiasa berupaya untuk mengkaitkan pembelajaran yang ada di kelas dengan nilai-nilai Islam.

Sebagai sekolah Islam, kami berharap siswa SDI Binakheir adalah sosok yang mampu membaca dan mencintai Al Quran dengan baik. Untuk itu kegiatan belajar Al Quran menjadi bagian penting dalam pembelajaran siswa. Kegiatan pembelajaran Al-Quran (melalui Metode Ummi Surabaya) ini dilakukan setiap hari Senin sampai Kamis dan masuk dalam jadwal pembelajaran. 

Selain unik, kami pun percaya bahwa setiap anak adalah cerdas. Dengan pendekatan Multiple Intelegences, SDI Binakheir berprinsip untuk tidak membandingkan antara anak yang satu dengan anak yang lain. Maka sejak awal SDI Binakheir tidak pernah menerapkan sistem rangking di kelas. Kegiatan belajar dan penilaian pun akan sangat mempertimbangkan kemampuan anak secara individual serta mengakomodir berbagai tipe kecerdasan.

KEGIATAN PENUNJANG PEMBELAJARAN

1. Unit Aktivitas Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi Multiple Intelegences. Dengan meyakini bahwa setiap anak memiliki kecerdasa yang berbeda, sekolah memfasilitasi dengan berbagai kegiatan yang bisa diikuti dan dipilih sendiri oleh para siswa. Diantara pilihannya adalah Meronce, clay, teater, menari, vokal, tahfidz, dll. Kegiatan ini bersifat wajib dan masuk dalam jadwal belajar yang waktunya sepekan 1 kali.

2. Pramuka dan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) Menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran di sekolah yaitu Pramuka. Selain program wajib pemerintah, SDI Binakheir menjadikan kegiatan ini sebagai program yang dapat meningkatkan kemandirian, tanggung jawab, tolong menolong, cinta tanah air, dan lain sebagainya. Kegiatan ini dilakukan 1 kali sepekan setiap hari Kamis.

3. Keputraan dan Keputrian Pesatnya kemajuan teknologi serta terbukanya informasi melalui media sosial dan gadget harus diimbangi dengan kesiapan mental dan rohani. Untuk itu setiap 2 kali dalam sebulan sekolah mengadakan porgram keputraan dan keputrian tentang materi-materi yang berkaitan dengan masa baligh dan menjalaninya serta materi yang penting bagi para siswa saat mereka beranjak dewasa nantinya.

4. Ramadhan Camp Kegiatan yang dilakukan setiap bulan Ramadhan bagi seluruh siswa kelas 4 – 6, ditujukan untuk mengisi kegiatan Ramadhan dan memotivasi mereka saat menjalani ibadah Ramadhannya.

5. Manasik Haji Mengenalkan siswa tentang ritual dan sejarah haji melalui kegiatan manasik merupakan kegiatan rutin setiap tahun sekali bagi siswa kelas 3 dan 5.

6. Book Week Buku adalah jendela dunia. Mencintai buku dan mengambil manfaat dari buku merupakan hal yang diharapkan dimiliki oleh para siswa Binakheir. Untuk menumbuhkan minat baca para siswa, sekolah mengadakan berbagai program diantaranya adalah pekan buku atau “Book Week” yang kegiatannya membuat siswa banyak berinteraksi dengan buku.

7. Assembly Menampilan tema dan materi yang dipelajari di kelas melalui penampilan drama, tari, lagu dan musik.

8. Science Fair Ajang menunjukkan berbagai percobaan sederhana dan menarik sehingga terasa bahwa science adalah hal yang mudah dan menyenangkan untuk dipelajari.

9. Cooking Day Belajar proses sebuah makanan tersaji mulai dari bahan mentah hingga siap dinikmati merupakan tujuan diadakannya program ini. Selain tentunya akan melatih para siswa menjadi mandiri dan percaya diri dengan dirinya sendiri.

10. Business Day Belajar menjual berbagai barang baik makanan maupun asesoris dilakukan di sini. Selain memupuk rasa percaya diri juga membuat para siswa terampil dalam menyiapkan sebuah bisnis sederhana.

11. Mini Farming Belajar menanam, merawat dan peduli tanaman dilakukan dengan kegiatan ini. Dimulai dari mempersiapkan media tanam, menanam benih, hingga menyiramnya dilakukan siswa di program ini.

12. Field Trip Mendekatkan siswa dengan materi yang sedang dibahas di kelas, dapat dilakukan di kelas ataupun tempat di luar sekolah. Kegiatan ini disesuaikan dengan materi yang tengah dibahas. 

13. Karyawisata Berkunjung ke tempat-tempat wisata yang di dalamnya terdapat banyak informasi, pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat bagi siswa.

14. Home Visit kegiatan ini terdiri dari 2 jenis. Jenis yang pertama ditujukan bagi para guru untuk mengetahui kebiasaan dan mengenal siswa lebih dekat dengan berkunjung ke salah satu rumah siswa. Sedangkan jenis yang kedua adalah program yang dilakukan khusus siswa kelas 6 sesaat setelah mereka selesai melaksanakan Try Out soal Ujian Sekolah. Secara begiliran para siswa berkunjung ke rumah teman-temannya di kelas 6.